Etika Berinteraksi dengan Difabel Netra

Difabel sensorik netra mengalami gangguan hanya pada fungsi penglihatan saja sedangkan untuk fungsi sensorik lainnya seperti pendengaran, perabaan, dan penciuman masih dapat berfungsi dengan baik. Sehingga saat berinteraksi dengan difabel sensorik netra dapat dimulai dengan 3S yaitu Salam, Sapa, dan Sentuh. Sebelum memberikan bantuan sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah penyandang netra memerlukan bantuan atau tidak. Etika berinteraksi dengan difabel sensorik netra terdiri dari beberapa hal diantaranya sebagai berikut:

Etika Pendampingan Saat Berjalan

Ketika melakukan pendampingan saat berjalan, biarkan penyandang netra untuk memegang siku tangan pendamping dan posisi pendamping satu langkah di depan penyandang netra. Saat berjalan dilokasi yang sempit, pendamping menaruh tangan dibelakang pinggang. Tempatkan penyandang netra disisi yang aman ketika berjalan. Berikan informasi terkait dengan situasi disekeliling jalan seperti ketika terdapat lobang, marka jalan, batang pohon, akan menaiki atau menuruni jalan dan lain sebagainya. Lalu berikan informasi terkait keberadaan saat ini ketika akan meninggalkan penyandang netra.

Etika Pendampingan Petunjuk Arah, Posisi, dan Letak Benda

Saat memberikan petunjuk arah atau posisi hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjelaskan situasi, posisi dan tata letaknya dengan jelas. Kemudian menunjukkan posisi tertentu dengan menggunakan hitungan langkah jarak dari satu posisi ke posisi lainnya. Berilah petunjuk arah dan letak benda secara jelas sesuai dengan arah mata angin, kiri, kanan, depan, belakang, atas, bawah. Hindarilah penggunaan kata ganti seperti ini, itu, disini, disitu, dan lain sebagainya ketika menunjukkan letak suatu benda ataupun saat memberikan arahan. Informasikan kepada penyandang netra jika terjadi perubahan tata letak suatu benda. Sentuhkan atau pegangkan tangan penyandang netra ke kursi apabila memberikan tempat duduk, ke pintu mobil jika ingin memasuki mobil, dan kursi motor bagian belakang jika ingin naik motok.

Etika Pendampingan Saat Makan

Beritahukan menu makanan yang disajikan. Menunjukkan letak makanan di piring menurut arah jarum jam. Kemudian menginformasikan letak alat makan atau minum di meja makan dengan jelas.

Referensi: Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia, Kemsos RI, Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *